Kamus Istilah Bahasa Korea Dalam Drakor Beserta Artinya

0
100
Ilustrasi Drakor.
Ilustrasi Drakor.

JAKARTA, Nawacita Keranjingan drama Korea bikin kita terpapar banyak ungkapan atau istilah dalam bahasa Korea. Beberapa istilah kita udah paham, tapi sisanya masih belum tahu maknanya.

Kalau istilah oppa, hyeong, eonni, mungkin udah banyak yang tahu. Tapi gimana kalo jangnanhae atau hoksi? Nah, merangkum dari 90 Day Korean, berikut ungkapan dan artinya.

1. “JANGNANHAE” – SERIUS, LO?!

Ungkapan ini biasa digunakan untuk sebuah pernyataan atau bisa juga sebuah sarkasme. Bisa ditujukan kepada teman atau ke orang yang lebih muda. Tapi jangan dipakai saat bicara ke orang yang lebih tua, ya.

2. “HOKSI” – MUNGKIN AJA

Misalnya punya keraguan akan sesuatu, kamu bisa gunakan kata hoksi pada awal kalimat atau pertanyaan kamu.

3. “KOL” – SETUJU!

Kamu menyetujui kesepakatan atau tantangan dari seseorang? Katakan kol!.

4. “PPEONGCHIJIMA” – JANGAN BOHONG!

Kalo orang yang sedang kamu ajak bicara, bau-baunya sedang berbohong, langsung bilang ppeongchijima!.
Baca Juga: Daftar Film Korea Terlaris 2020, Berikut Ulasannya

5. “OHAE HAJIMA” – JANGAN SALAH PAHAM, YA!

Ungkapan ini banyak muncul dalam drama romantis atau komedi, biasa digunakan kalo mereka sedang menutupi perasaannya agar tidak ketahuan.

6. “IREOKE” – KAYAK GINI?

Ireoke bisa dipakai untuk bertanya kepada seseorang tentang cara melakukan sesuatu atau ketika kamu menginstruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu.

7. “ASSA” – ASYIK!

Ungkapan ini cocok banget kalo kamu sedang beruntung atau abis mendapatkan hal yang kamu mau.

8. “GEUREOM GEUREOM” – PASTINYA/TENTU AJA

Kalo dalam drama, biasanya kita dengar ungkapan ini ketika satu karakter setuju dengan ide atau pendapat karakter lain.

9. “JAMKKANMAN” – SEBENTAR, YA!

Kalo kamu lagi mau pergi sebentar dan menyuruh orang menunggu, kamu bisa bilang jamkkanmanKalo mau lebih sopan, tambahkan yo di belakang jadi jamkkanmanyo.

10. “GEULSSEYO” – HMM… GAK TAU, DEH

Ungkapan yang satu ini, biasanya kita dengar kalo seseorang dimintai ide, pendapat, atau jawaban yang dia gak tau jawabannya atau butuh waktu untuk berpikir.

11. “OJJEOL GEONDE” – KAMU MAU KE MANA?

Ungkapan ini termasuk ungkapan informal, ya. Jadi gunakan ke teman kamu, atau seseorang yang lebih muda dari kamu untuk bertanya kalo mereka lagi mau melakukan sesuatu.

12. “MWOL BWAYO” – KAMU NGELIATIN APA?!

Ungkapan ini biasa dipakai kalo ada orang yang ngeliatin kamu dengan tatapan aneh. Walaupun pake yo, ungkapan ini akan menjadigak sopan kalau dipakai dengan nada yang salah. Jadi hati-hati, ya.

13. “MUSEUUN SORIYA IGE” – NGOMONG APAAN, SIH?!

Ungkapan ini suka muncul dalam drama kalo tiba-tiba ada suara-suara aneh atau suara berisik, atau ada orang yang omongan-nya gak kamu mengerti.

14. “EOTTEOKE” – GIMANA?

Sering banget lah, ya, kita dengar ungkapan yang satu ini. Dipakainya kalo seseorang gak tau gimana caranya melakukan sesuatu.

15. “HAJIMA” – JANGAN BEGITU

Ungkapan yang terdiri dari kata hadadan jima, biasa digunakan dalam drama dengan nada memohon saat seorang karakter dicampakkan oleh karakter lain.

16. “HAJIMALLAGO” – AKU BILANG JANGAN LAKUKAN ITU

Melanjutkan dari ungkapan hajima, kalau karakter gak dapat respons biasanya langsung mengatakan hajimallago.

17. “GEOJINMARIYA” – BOONG, TUH!

Seringkali muncul dari plot drama saat melibatkan seseorang yang berbohong, dan akhirnya ketahuan.

18. GEOJINMAL HAJIMA” – JANGAN BOHONG!

Kombinasi dari kata “bohong” dan “jangan lakukan” menjadi sebuah ungkapan geonjinmal hajima. Yang satu ini juga sering didengar dalam drama Korea.

19. JUGEULLAE” – NYARI MATI, YA?!

Sering banget, nih, yang satu ini diucap apalagi kalo karakter lainnya sangat menyebalkan.

Baca Juga: Lagu Dynamite Milik BTS Catat Rekor Baru

20. “NA MEONJEO GALGE” – AKU PERGI DULUAN

Biasanya kalau dalam drama, ada ibu-ibu jahat yang ketemu dengan pacar anaknya yang gak dia setujui, langsung, deh, bilang na meonjeo galge.

21. “GEURAE/JINJJA/JEONGMAL” – BENERAN?

Dipakai kalo seseorang dengar gosip yang bikin kaget, pasti langsung teriak jinjja?

22. “SESANGE“ – “DUNIA APA, INI?!

Ungkapan ini sering diucapkan oleh karakter orang tua jahat yang terkejut karena diperlakukan gak hormat.

23. “ANDWAE” – GAK BOLEH!

Dalam bahasa Korea, andwae bisa berarti sesuatu yang gak diperbolehkan. Tapi kalau dalam drama, bisa berarti ungkapan gak terima atas apa yang dilakukan pada dirinya.

24. “SAGWAHAE/SAGWAHASEYO” – MINTA MAAF, GAK!

Biasanya dalam drama, ungkapan ini dipakai kalau mau menuntut permintaan maaf dari orang lain untuk hal-hal yang dianggap remeh.

25. “NEO MINCHYEOSSEO” – KAMU GILA, YA?!

Biasanya, kata ini diucapkan kalau ada karakter yang melakukan hal di luar pikiran. Jadi kesel, deh.

26. “MICHINNOM” – COWOK GILA

Ungkapan ini bisa digunakan kalo lagi kesel ke cowok. Tapi hati-hati, ya. Karena ini termasuk salah satu ungkapan yang punya arti negatif.

27. “OPPA” – KAKAK LAKI-LAKI

Kalo kamu perempuan, maka bisa panggil oppauntuk laki-laki yang umurnya di atas kamu. Tapi kalau kamu laki-laki, panggilnya “hyeong” (hyung), ya!
Lalu “nuna” adalah panggilan yang dipakai laki-laki untuk perempuan yang lebih tua. Untuk perempuan, manggilnya “eonni”.

Untuk tante atau perempuan dewasa yang udah akrab dengan kamu, kamu bisa panggil “imo”. Sementara kalo gak akrab, bisa panggil “ajumma”.
“Ajeossi” adalah panggilan untuk paman atau pria separuh baya. “Seonbae” untuk kating atau senior kamu. Sementara “hubae” untuk adik kelas kamu.

28. “SAJWO” – BELIIN AKU, DONG!

Ungkapan ini biasa dikatakan oleh perempuan kaya yang merupakan saingan karakter utama cewek dalam drama Korea. Kalau kamu mengucapkan kata ini, usahakan pake suara cengeng dan manja kamu, ya.

sdnws.

LEAVE A REPLY