Daftar Hewan yang Susah Mati

0
294
water bear atau beruang air.
water bear atau beruang air.

JAKARTA, Nawacita – Keabadian hanya ada di dunia mitos dan fiksi ilmiah, tapi tujuh hewan ini seenggaknya mendekati mitos tersebut. Mereka emang gak hidup abadi, tapi mereka lebih lama menemui ajalnya alias bisa hidup lama banget. Penasaran apa saja hewan yang susah mati? Yuk, simak, dikutip dari Reader’s Digest.

1. UBUR-UBUR BISA MENUNDA PENUAAN

Ubur-ubur kecil bernama Turritopsis dohrnii adalah ubur-ubur yang bisa menipu kematian. Gimana gak? Menurut National Geographic, mereka bisa memutar balikkan proses penuaan dengan cara yang mudah. Kalau ubur-ubur sakit atau terluka, mereka bisa “kembali muda” dengan cara mengubah sel-sel mereka menjadi sel-sel muda, dan tumbuh lagi menjadi ubur-ubur dewasa. Bener-bener susah mati!

2. LOBSTER YANG TERUS TUMBUH

Terdapat perdebatan di antara komunitas peneliti, akankah hewan penguasa samudra merah ini hidup abadi atau gak. Soalnya, kebanyakan lobster mati karena penyakit, bukan karena udah tua.

Lobster akan terus berkembang biak walau gak bareng pasangan yang sama. Diperkirakan di Pantai Newfound, lobster di sana berusia 140 tahun, tapi sebagian besar jantan emang cuma hidup sampai 30 tahun, sedangkan betina hidup rata-rata 54 tahun. Nah, kalo kamu pernah makan lobster yang berukuran jumbo, berarti lobster itu sudah tua, lho.
Baca Juga: Daftar Hewan Vampir Mengerikan di Dunia

3. KURA-KURA YANG KERAS DAN KEBAL

Kura-kura emang dikenal sebagai hewan purba yang bisa bertahan hidup hingga berabad-abad. Peneliti menemukan organ tubuh dari kura-kura yang gak rusak seiring waktu. Menurut The New York Times, kura-kura akan bertahan hidup dengan cangkang kerasnya untuk berlindung dari predator dan serangan penyakit. Memang, sih, cangkang dari kura-kura sangat kebal dan kuat sekaligus antipecah.

4. CACING PIPIH YANG PINTAR MEREGENERASI

Cacing ini bisa disebut juga flatworm yaitu cacing pipih. Kalau terancam oleh predator, dia bisa memanjang atau memotong menjadi dua bagian dan menjadi makhluk hidup yang baru. Dengan kata lain, cacing ini gak akan mati karena mereka terus berkembang biak sekaligus mempertahankan kelangsungan hidup. Menurut peneliti di University of Nottingham cacing ini bisa menipu kematian dengan tanpa batas!

5. PAUS TANGGUH DAN KUAT

Meskipun paus bukanlah hewan yang hidup abadi, tetapi Paus Bowhead adalah mamalia tertua yang masih hidup. Menurut Popular Science, beberapa spesies paus bisa hidup hingga 70 tahun, Bowhead tertua bahkan mencapai 211 tahun, lho.
Baca Juga: Ilmuwan Temukan Hewan yang Tak Perlu Oksigen

6. BAKTERI YANG TAHAN SENGATAN RADIASI

Yaps, bakteri ini bernama deinococcus radiodurans, termasuk dalam bakteri poli-ekstrofilik. Menurut Ira S. Pastor, CEO dari Bioquark Inc, cacing ini bisa bertahan hidup dalam kondisi panas, dingin, dehidrasi, dan asam. Bakteri ini juga termasuk ke dalam bakteri terberat di dunia.

Menurut Guinness Book of Record, bahkan bisa menahan 1,5 juta radiasi gamma, sekitar 3.000 kali jumlah yang akan membunuh manusia! Kalau di semesta hewan ada superhero, bakteri ini pasti masuk kelompok Avengers hewan, deh!

7. BERUANG AIR YANG GAK BAKAL TERBUNUH

Walau namanya water bear atau beruang air, Tardigrade sebetulnya hewan yang mirip lintah yang sering kita lihat. Pastinya, juga cuma bisa dilihat pakai mikroskop. Meski begitu, ini juga termasuk hewan yang sakti.

Hewan invertebrata ini bisa ditemukan hampir di seluruh habitat di bumi ini, dengan total spesies hingga 900 jenis. Ia bisa tahan pada suhu panas hingga 150 derajat celcius dan sedingin -273 derajat celcius. Tardigrade juga bisa hidup tanpa air, lho, dan bisa hidup 10-30 tahun, juga gak hancur kalo kena radiasi. Juara!

sdnws.

LEAVE A REPLY